Tuesday, December 13, 2016

Cara Benar Mengatasi Gagap Pada Anak


Gagap pada anak sebenarnya masih merupakan sesuatu yang masih umum terjadi, Kondisi gagap pada sebagian atau beberapa anak, sebenarnya merupakan masih dalam tahapan normal, karena hal tersebut iyalah merupakan bagian dari pembelajaran seperti pengucapan kata dan bahasa pada anak. Kondisi yang demikian biasanya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa anda membawa kedokter spesialis, akan tetapi pada beberapa kasus, gagap pada anak bisa terjadi sampai anak itu tumbuh dewasa.

Cara mengatasi gagap pada anak
Image bi pixabay.com

"Penyebab gagap pada anak apa pak...?"

Bunda, penyebab gagap pada anak masih belum diketahui sebab yang pasti, akan tetapi sudah ada perkirakan yaitu, kejadian gagap pada anak bisa terjadi karena adanya berbagai faktor, Seperti:


  • faktor neurologis
  • genetik
  • gagap pada masa perkembangan.

Selain beberapa faktor diatas, resiko anak mengalami gagap dalam berbicara yaitu masalah keluarga, contohnya, ada salah satu atau beberapa orang dalam satu keluarga yang menglami kondisi yang sama pada anak, atau gagap. Perlu bunda ketahui, pada umumnya anak laki-laki lebih berisiko terkena gagap, bila dibanding dengan anak perempuan.

CARA MENGATASI MASALAH GAGAP PADA ANAK

Masalag gagap bisa mengakibatkan dampak yang tidak baik untuk anak,  jika anak itu tumbuh dewasa, atau sudah besar. Dampak yang terlihat seperti dalam masalah berkomunikasi, sampai bisa berdampak pada psikososial.

Cara mengatasi :


  • Ajaklah si anak membaca, dengan suara yang keras. Dengan suara yang keras saat membaca atau mengajari anak yang gagap membaca, secara tidak langsung dapat mengajari si anak pernapasan yang baik saat berbicara . Mungkin si anak akan mengalmi kesulitan saat coba meniru anda, jadi bunda perlu membantunya dengan sabar.
  • Luangkan berbicara hanya berdua dengan si anak. Meski gagap pada anak ini dapat hilang dalam beberapa bulan atau anak sudah beranjak besar atau dewasa. Akan tetapi jika dalam enam bulan gagap pada anak tidak hilang, segera konsultasi pada dokter , atau dojtet spesialis anak.
  • Saat bunda menghadapi anak yang gagap, Perhatikanlah anak tetsebut dengan Sabar ketika si anak sedang mencoba melakukan komunikasi kepada bunda. Untuk menghadapi anak yang gagap sangat diperlukan lebih kesabaran, dibanding dengan anak yang tidak gagap. 
  • Saat si anak sedang melakukan komunikasi, dengarkan dengan baik apa yang anak itu bicarakan terhadap bunda. Buatlah si anak  nyaman dalam komunikasi itu, dan jangan buat si anak terganggu misalnya saja memotong pembicaraan itu. Bunda harus menghindari hal tersebut.
  • Apabila saat bunda berbicara dengan anak yang mengalami gagap, cobalah bunda berbicara dengan setenang mungkin, perlahan dan nada yang pelan. Pokoknya Buat suasana rumah bunda menjadi tenang, dan nyaman. Sehingga anggota keluarga yang lain yang ikut berbicara juga melakukan hal sama seperti bunda.
  • Sebisa mungkin bunda menghindari beberapa perkataan ini, kalau bunda sudah mengetahui bahwa anak bunda atau anak yang lain mengalami kondisi gagap dalam berbicara, misalnya seperti ini “ Berbicara lebih jelas lagi” , "jangan gagap bicaranya". Jadi hindari perkataan tersebut, Supaya si anak tidak minder atau kehilangan kepercayaan diri.

Agar si anak tumbuh dengan optimal bunda harus menerapkan hal di atas, intinya semua butuh kesabaran, dan ketlatenan. Kalau bukan bunda siapa lagi. Karena peran bunda sangat penting dalam mendidik dan membentuk kepribadian si anak. Berikan kasih sayang dan cinta bunda agar dapat mengatasi segala hal yang terjadi temasuk kondisi gagap.

No comments:

Cara diet sehat dengan cara aman

Kegemukan atau berat badan yang terlalu berlebih kebanyakan mendorong seseorang untuk melakukan berbagai cara diet, tentu yang dimaksud dis...