Monday, January 9, 2017

Menderita Penyakit Asam Urat Dan Kolesterol, hindari makanan ini!

Sebenarnya apa yang disebut Asam urat? Asam urat merupakan gejala radang pada sendi yang dapat menyebabkan rasa nyeri, perih, kaku, bahkan bisa menjadi bengkak  (biasanya pada jempol kaki). Penyakit asam urat dapat muncul karena adanya penumpukan suatu zat yang bernama zat asam urat yang terdapat dalam darah.

Penyakit asam urat dan kolestrol
Image by pixabay.com

Pada sebuah ilmu reumatologi (studi dan juga pengobatan gangguan sendi, otot, tulang, dan jaringan ikat), penyakit ini ada hubungannya dengan beberapa masalah metabolisme, contohnya seperti kolesterol. Kolesterol ini menjadi adanya dugaan bahwa kolestrol dapat meningkatkan atau menjadi faktor utama yang menjadi risiko berkembangnya penyakit asam urat.

JENIS - JENIS MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI

Adapun cara untuk menjaga kadar asam urat dan kolesterol agar tetap stabil, yaitu dengan membiasakan pola hidup yang sehat, misalnya saja anda harus menjaga pola makan dan berolahraga teratur. Dan paling penting ada beberapa makanan yang harus dihindari,

1. Konsumsi daging

Orang yang menderita asam urat dan juga kolesterol, harus dapat membatasi dalam mengkonsusmsi daging. Daging khususnya daging yang berwarna merah mempunyai kandungan purin dan juga kolesterol yang sangat tinggi. Apa bila anda ingin mengkonsumsi daging merah, supaya membuang lemak yang menempel pada sisi luar daging (gajeh). Alternatif lain jika anda ingin mengkonsumsi daging, daging putih bisa jadi pilihan yang bagus, seperti daging ayam bahkan kalkun. Tapi, disarankan untuk menghilangkan kulitnya dan jangan digoreng.

2. Konsumsi Alkohol

Apabila anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi alkohol, sebaiknya anda segera menghentikannya, karena alkohol bisa meningkatkan produksi asam urat yang dapat menyebabkan serangan asam urat. 

Bahkan alkohol, seperti bir dapat membuat tubuh susah membuang asam urat keluar dari dalam tubuh melalio keringat, atau urin. Selain itu, minuman yang beralkohol juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan juga trigliserida (jenis lemak dalam darah) apabila dikonsumsi secara berlebihan.

3. Hindari konsumsi jeroan

Selain orang yang menderita asam urat, orang yang menderita kolesterol tinggi sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi jeroan, misalnya seperti hati, rempala dan masih banyak lagi contoh jeroan yang lain. Jeroan memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, selain itu jeroan dapat berkontribusi yang dapat meningkatkan kadar asam urat. 

Sebenarnya apa sih yang di maksud dengan Purin...? Purin iyalah senyawa kimia tertentu yang terdapat pada beberapa makanan yang dapat berubah menjadi asam urat apabila terpecah. Jeroan seperti hati merupakan yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kenapa hati menjadi sumber Kolesterol yang tinggi...? Hal ini karena kolestrol diproduksi dan juga disimpan di dalam hati. Pada hewan yang mengndung kadar kolesterol yang tertinggi ditemukan pada jeroan, khususnya pada hati.

4. Makanan dari laut (seafood)

Makanan laut yang biasa anda konsumsi seperti ikan teri, sarden, ikan tuna, dan beberapa makanan laut yang lain merupakan jenis makanan yang memiliki kadar kolestrol yang tinggi, karena makanan laut juga mengandung purin yang tinggi sama halnya dengan jeroan. 

Makanan laut khusnya lobster, supaya tidak diberikan utk penderita kolestrol, karena kandungan lobster memiliki kolesterol yang tinggi. Dalam lobster tiap 85 gram, terkandung 61 mg kolesterol. Jika lobster tersebut diolah untuk dikonsumsi misalnya seperti digoreng atau dikonsumsi lebih dari satu lobster, hal ini dapat menyebabkan kolesterol anda akan meningkat dengan cepat. 

Jagalah tubuh anda supaya sehat, salah satunya iyalah bisa didapat dengan menjaga kadar asam urat dan kolesterol supaya masih dalam kondisi yang normal, dan harus rutin berolah raga minimal 3 kali dalam seminggu. Lebih sering lebih bagus karena olah raga dapat mengeluarkam kotoran dan juga kandungan kolestrol dalam tubuh lewat keringat.

No comments:

Cara diet sehat dengan cara aman

Kegemukan atau berat badan yang terlalu berlebih kebanyakan mendorong seseorang untuk melakukan berbagai cara diet, tentu yang dimaksud dis...