Friday, March 17, 2017

8 Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tetapi ternyata selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit termasuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti jerawat dsb. Untuk mengetahui selengkapnya:

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan
image by pixabay.com


1. Membantu mangatasi luka bakar pada kulit: Gel lidah buaya memiliki efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit. Dengan adanya ancaman perang nuklir, pemerintah AS melakukan berbegai penelitian untuk melihat kemampuan lidah buaya dalam mengobati kulit yang terkena radiasi luka bakar dengan tujuan untuk mengobati para tentara.

Pada tahun 1959, AS Food and Drug Administration telah menyetujui penggunaan salep yang berbahan dari lidah buaya ini sebagai obat untuk penyembuhan luka bakar pada kulit.

2. Mengurangi rasa sakit: Lidah buaya memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang yang diakibatkan oleh luka. Asam amino, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin C yang terdapat pada lidah buaya juga sangat membantu proses penyembuhan tersebut. Salah satu manfaat vitamin B6, misalnya, yaitu bertindak sebagai obat nyeri alami.

3. Melancarkan BAB: Penggunaan Gel lidah buaya sebagai pencahar alami diketahui dapat meningkatkan kadar air di dalam usus, sehingga akan membantu merangsang sekresi lendir dan meningkatkan peristaltik usus, hal ini pada gilirannya akan memudahkan proses pemecahan makanan. Dalam penelitian yang melibatkan 28 orang dewasa, diketahui jika lidah buaya memiliki efek pencahar lebih baik dibandingkan dengan plasebo.

4. Menjaga kesehatan rambut: Lidah buaya merupakan bahan alami yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut seperti rambut kering atau gatal di kulit kepala. Lidah buaya memiliki berbagai macam kandungan gizi termasuk  vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut anda. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur, yang juga dapat membantu mengatasi ketombe sekaligus  membersihkan kulit kepala dari sel-sel yang mati.

5. Meningkatkan sistem imun: Enzim yang terkandung dalam lidah buaya dapat memecah protein yang kita makan menjadi asam amino dan mengubahnya menjadi bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh, yang memungkinkan sel untuk berfungsi dengan baik.  Zinc dalam lidah buaya juga sangat penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh. Hal ini diyakini akan membantu kita dalam menangkal berbagai macam penyakit, membunuh bakteri dan melindungi fungsi membran sel kita. Zinc juga merupakan komponen struktural utama untuk membunuh reseptor hormon. Sekaligus membantu dalam menjaga keseimbangan suasana hati.

6. Menjaga kesehatan gigi: Sebuah studi pada tahun 2014 lalu mencoba untuk mempelajari lidah buaya dalam kemampuannya untuk mengatasi berbagai macam penyakit gigi; hal ini ini dikarenakan lidah buaya telah terbukti menjadi tanaman antiseptik, anti-inflamasi, antivirus dan antijamur.

7. Melembabakan kulit: Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit adalah membantu menjaga kelembaban kulit wajah. Selain cukup efektif lidah buaya juga relatif lebih aman dibandingkan dengan pelembab yang berbahan kimia. Untuk melakukannya anda cukup mengambil gel dari lidah buaya kemudian menghaluskannya dengan blender hingga teksturnya lebih encer. Setelah itu terapkan ke kulit wajah anda hingga mereta. Tunggu sekitar 15 menit setelah itu bersihkan wajah anda.

8. Menghilangkan flek hitam di wajah: Jika anda mengalami flek hitam di wajah yang disebabkan oleh bekas jerawat atau sengatan sinar matahari, maka anda tidak perlu khawatir karena lidah buaya diketahui dapat membantu anda menyamarkan noda hitam tersebut. Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan lidah buaya: Ambil gel lidah buaya yang masih segar kemudian haluskan dengan blender. Tambahkan beberapa tetes air lemon kemudian terapkan ke kulit wajah anda hingga merata. Tunggu sedikitnya selama 10 menit. Jika sudah, bilas wajah anda dengan air sampai bersih.

Demikian tadi manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan juga kecantikan, semoga bisa menambah wawasan anda. Dan terimakasih telah membaca artikel dari saya.

No comments:

Cara diet sehat dengan cara aman

Kegemukan atau berat badan yang terlalu berlebih kebanyakan mendorong seseorang untuk melakukan berbagai cara diet, tentu yang dimaksud dis...