Thursday, March 16, 2017

Makanan penurun kolesterol, Coba Tips Ini!

Bagi penderita kolesterol tinggi harus mengkonsumsi makanan penurun kolesterol, hal ini dilakukan untk menekan kolesterol itu sendiri supaya tidak bertambah parah. Apabila kolesterol yang anda derita disebabkan oleh makanan yang anda konsumsi setiap hari maka hari ini saatnya merubah pola makan anda untuk menekan kadar kolesterol dan menjaga tubuh tetap sehat.

makanan penurun kolestrol
Image by pixabay.com

PENGERTIAN KOLESTEROL

Sebelum membahas makanan apa yang dianjurkan untuk penderita kolesterol anda ketahui dulu pengertian dari kolesterol, apa yang dimaksud dengan kolesterol? Kolesterol merupakan suatu lemak yang hanya dapat ditemukan di dalam darah yakni yang dibutuhkan oleh sel tubuh, Selain diproduksi tubuh secara alami, kolesterol juga bisa didapat dari makanan tertentu.

Kolesterol dibagi dalam dua jenis, yaitu :

1. LDL (low-density lipoprotein)
2. HDL (high-density lipoprotein). 

LDL biasa juga disebut kolesterol jahat, sedangkan HDL merupakan kolesterol baik. Apabila LDL bisa meningkatkan risiko seseorang terkena pentakit jantung, dan stroke, maka HDL dapat menekan resiko terserang penyakit tersebut.

AKIBAT KOLESTEROL TINGGI

Banyaknya kolesterol yang masuk ke dalam tubuh seseorang maka dapat menyebabkan kolesterol dalam tubuh menumpuk pada arteri yang menyebabkan arteri mengeras dan dapat tersumbat gejala ini disebut angina. Apa bila kolesterol seseorang tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti jantung dan juga stroke hal ini dikarenakan adanya peradangan dan pembekuan pada darah. 

PENCEGAHAN

Anda perlu mengatur pola makan dan jenis makanan apa yang anda konsumsi setiap harinya, hal ini sangatlah penting dalam menurunkan kolesterol yang tinggi.
Pada setiap makanan memiliki kemampuan dalam menekan kolesterol dalam tubuh secara berbeda-beda. Misalnya seperti makanan yang mengandung serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam pencernaan dan dapat mencegahnya masuk ke dalam sirkulasi darah, dan ada makanan tertentu yang dapat secara langsung menurunkan tingkat LDL karena kandungan lemak tidak jenuh yang terkandung dalam makanan tersebut.

MAKANAN YANG DIANJURKAN 


  • Konsumsi ikan sekitar 2 sampai 3 porsi per minggu, fungsinya sebagai pengganti daging dan sebagau sumber lemak omega-3 yang bertujuan untuk menekan kadar LDL.
  • Konsumsi Kacang-kacangan diantaranya kacang merah, walnut dan almon.
  • Konsumsi buah-buahan seperti apel, anggur, stroberi, dan jeruk yang banyak memiliki kandungan pektin, yaitu sebagai serat larut yang mampu menekan kandungan LDL. 
  • Makanan yang dianjurkan adalah makanan yang mengandung serat tinggi dan lemak tidak jenuh, seperti: biji-bijian seperti gandum sangat dianjurkan bagi penderita kolesterol.
  • Lebih baik menggunakan minyak yang berasal dari tanaman tertentu  seperti minyak bunga matahari, dan minyak zaitun.

JENIS MAKANAN YANG DIBATASI BAGI PENDERITA KOLESTEROL

Bagi penderita kolesterol sebaiknya membatasi mengkonsumsi makanan ini atau lebih baik hindari sebelum kondisi benar-benar pulih, berikut makanan yang harus dibatasi :

- Makanan mengandung santan
- Mentega
- Makanan yang digoreng
- Kue
- Kelapa (minyak sawit)
- Daging yang berlemak
- Kulit ayam
- Kulit bebek

Selain makanan yang diatas cobalah untuk tidak mengkonsumsi  makanan yang siap saji. Lebih baik usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri di rumah, karena anda dapat mengatur kandungan lemak yang masuk ke dalam tubuh Anda.

TAMBAHAN

Makanana lain seperti terong, avokad, dan kedelai, makanan ini dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Konsumsi dengan rutin dan teratur, pola hidup sehat ini dapat menjaga dan mencegah Anda dari serangan jantung, stroke dan berbagai jenis kanker bahkan penyakit berbahya yang lain.

No comments:

Cara diet sehat dengan cara aman

Kegemukan atau berat badan yang terlalu berlebih kebanyakan mendorong seseorang untuk melakukan berbagai cara diet, tentu yang dimaksud dis...